logo

logo

Jumat, 16 Maret 2012

ada apa dengan angry bird

Ditengah tingginya popularitas Angry Birds, pengembang game mobile itu tersandung masalah yang berkaitan dengan hak paten. Loh kenapa?

Rovio yang merupakan dibalik kesuksesan game Angry Birds dituntut oleh perusahaan asal Amerika Serikat (AS), Lodsys. Perusahaan asal Texas menyebutkan bahwa pemilik paten dari level baru game di versi Angry Birds. Demikian yang dilansir melalui The Guardians, Minggu (24/7/2011).

Lodsys telah mengajukan berkas ke pengadilan Texas untuk menuntut hak paten. Namun tidak disebutkan platform apa saja di Angry Birds yang termasuk melanggar paten oleh perusahaan tersebut.

Tidak hanya itu, Lodysys juga menuntut perusahaan mobile lainnya seperti lectronic Arts (EA), Atari, Square Enix dan Take-Two Interactive. Total, ada lima perusahaan yang diklaim Lodys menggunakan patennya dalam menjual game mobile.

Menurut perusahaan tersebut, patennya tersebut digunakan pada The Sims 3 untuk iPhone milik EA, kompilasi game Greatest Hits untuk iPhone dan iPad besutan Atari, Big Hit Baseball versi iPhone dan iPad milik Square Enix dan 2K Sports NHL 2K11 di iPhone milik Take-Two Interactive.

Namun hingga kini belum ada komentar dari pihak Rovio mengenai kasus yang membelit mereka tersebut. Ini merupakan kasus pertama yang dihadapi oleh perusahaan mobile yang terkenal dari App Store tersebut.

Sumber:  http://techno.okezone.com/read/2011/07/24/326/483584/angry-birds-tersandung-masalah-hak-paten

TANGGAPAN:
pada kasus ini terlihat perebutan kepemilikan game angry bird oleh dua perusahaan. penggugat merasa game tersebut miliknya sehingga melaporkan kasus ini ke pengadilan. jika penggugat sudah mempatenkan gamenya tersebut, maka tergugat terkena hukuman yang berat karena sebelumnya game tersebut sudah dipatenkan. tetapi jika penggugat tidak memiliki bukti yang kuat, mungkin pengadilan mempunyai jalan tersendiri untuk menyelesaikan masalah ini sesuai hukum yang berlaku.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar